Minggu, 30 September 2012

Pengertian S.I.A

SIA atau Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen organisai untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mengkomunikasikan informasi keuangan dan pengambilan keputusan bagi pihak perusahaan  maupun pihak luar perusahaan. SIA berfokus pada pengolahan data. 


Pengertian Sistem Akuntansi Menurut Ahli
  • Warren, Reeve, Fees yang diterjemahkan oleh Aria Farahwati dalam bukunya Warren, Reeve, Fees Accounting (2005:234), Sistem akuntansi adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklarifikasikan, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasi operasi dan keuangan sebuah perusahaan.
  • Mulyadi dalam bukunya Sistem Akuntansi (2001:3) Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang memudahkan manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.”   
  • Barry E.Cushing (1995;11) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa : Sistem Informasi Akuntansi adalah seperangkat sumber manusia dan modal dalam organisasi, yang berkewajiban untuk menyaajikan informasi keuangan dan juga informasi yang diperoleh dari pengumpulan dan memproses data. 
  • George H. Borner dan William S.Hopwood (1996:1) yang diterjemahkan oleh Amir Abdi jusuf dan Rudi M.Tambunan, menyatakan bahwa : Sistem Informasi Akuntansi adalah kumpilan sumber daya seperti manusia dan peralatan, yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. 
  • Barry E,Cushing (1988:49) yang diterjemahkan oleh Jugianto H.M menyatakan bahwa : Sistem Informasi Akuntansi adalah kumpulan dari manusia dan sumber-sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggungjawab untuk menyediakan informasi yang di dapat dari pengumpilan dan pengolahan data transaksi.
  • La Midjan (2003:12) menyatakan bahwa: Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu sistem pengolahan data akuntansi yang terdiri dari koordinasi manusia, alat dan metode berinteraksi dalam suatun wadah organisasi yang terstruktur untuk menghasilkan informasi akuntansi keuangan dan informasi akuntansi manajemen yang terstruktur.


Sumber :
Anneahira
Ilmuakuntansi
Ridwaniskandar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar